Rabu, 17 Oktober 2012

Permohonan Bantuan: Peduli Penderita HIV

Tags



save future

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi oportunistis. Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun.Seseorang dapat meninggal dikarenakan infeksi penyakit/ virus lainnya. Salah satu dari sekian banyak cara penularan HIV adalah dari ibu ke anak melalui infeksi in utero, saat proses persalinan, dan atau melaui pemberian ASI. Para ibu ini mayoritas bukanlah pekerja seks maupun pelaku perilaku seksual yang beresiko ataupun penasun (pengguna narkoba dan jarum suntik). Mereka seringkali adalah korban dari ketidak tahuan atau kelalaian para suaminya.Mereka tidak ber”dosa”.

Banyak sekali dari para ibu dan anak-anak ini akhirnya tak punya pilihan selain menerima dengan lapang dada warisan dari suaminya tersebut. Saya fokuskan adalah mereka yang berada digaris kemiskinan. Dan saat suami mereka terlambat mengetahui keberadaan HIV dalam tubuh mereka dan berlanjut menjadi AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome), adalah sekumpulan gejala dan infeksi (sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain), mereka meninggal dunia.
Beban demikian semakin terasa berat dan tidak adil saat lingkungan sosial masyarakat serta media yang ada seolah semakin memojokkan keadaan para ibu dan anak ini, mengucilkan bahkan tak sedikit mereka harus kehilangan pekerjaan/ mata pencahariannya sehari-hari.Sedangkan kebutuhan hidup mereka tidak bisa ditunda.


EmoticonEmoticon