Minggu, 16 November 2014

Kenapa Harus Bersih??

Tags


www.fendikur.tk

Ada beberapa slogan yang membahas tentang kebersihan. Salah satunya adalah "Kebersihan Pangkal Kesehatan". Yah, slogan itu sebenarnya mengajak kita untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun kita.

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga bererti bebas dari virus, bakteria patogen, dan bahan kimia berbahaya. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak berbau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti: mandi, gosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.


Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan menggunakan air dan sejenis sabun atau detergen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk.

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan tempat awam. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap tingkap dan perabot rumah, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan , membersihkan bilik mandi dan jamban, serta membuang sampah. Kebersihan lingkungan dimulakan dengan menjaga kebersihan halaman dan membersihkan jalan di depan rumah daripada sampah.

Tingkat kebersihan berbeda-beda menurut tempat dan kegiatan yang dilakukan manusia. Contohnya, kebersihan di rumah berbeda dengan kebersihan ruang bedah di rumah sakit.
 
Kenapa Harus Bersih..??

Faktanya adalah jika lingkungan kita bersih, maka tubuh kitapun akan selalu sehat. Saat kita menjaga kebersihan bukan hanya kita yang akan mendapat manfaatnya, bukan hanya kita yang akan menikmati hasilnya, tetapi keluarga dan lingkungan sekitarpun akan senantiasa merasa nyaman berada didekat kita. Selain itu saat kita menjaga kebersihan kita akan terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.


EmoticonEmoticon