Minggu, 22 Maret 2015

Salah Satu Seniman Grafis Yang Paling Terkenal - M. C. Escher (1898-1972)

Tags

Taukah kamu tentang seniman-seniman grafis terkenal di dunia? Yah, ada banyak sekali seniman grafis yang terkenal. Salah satunya adalah Maurits Cornelis Escher.

Maurits Cornelis Escher  adalah salah satu seniman grafis yang paling terkenal di dunia. Karya seninya dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia, seperti dapat dilihat pada situs web di dalam internet. ia terkenal karenya konstruksi mustahilnya, seperti Ascending and Descending, Relativity, Transformasi Print: Metamorphosis I, II, dan III; Sky and Water I atau Lizard.

Selama hidupnya, ia telah membuat 448 litografi, ukiran kayu dan lebih dari 2000 gambar dan sketsa. Seperti beberapa pendahulunya yang terkenal, Michelangelo, Leonardo da Vinci, Duer dan Holbein, MC Escher merupakan pengguna tangan kiri alias kidal.

Pada tahun 1922, MC Escher terpesona oleh bangunan dan keteraturan bidang, ketika ia pertama kali mengunjungi Alhambra, istana Moor abad ke-empat belas di Granada, Spanyol. Desain dekoratif di Alhambra yang didasarkan pada simetri geometris yang menampilkan saling pola berulang dipahat ke dinding batu dan langit-langit, adalah pengaruh kuat pada karya-karya Escher. Dari sanalah ia kemudian bermain arsitektur, prespektif dan ruang mustahil. Seninya terus memukau dan disukai jutaan orang di seluruh dunia.

Di dalam karyanya kita bisa mengambiil hikmah bahwa melalui pengamatan yang tajam dari dunia di sekitar kita dan menggali informasi yang ada di dalamnya, akan membuat kita semakin tumbuh menjadi orang yang kaya ilmu dan pengalaman. MC Escher menunjukkan kepada kita bahwa realitas adalah menakjubkan, dipahami, dan menarik.

Berikut beberapa hasil karyanya:
Sky and Water I - 1938

Metamorphosis I - 1937

Relativity - 1953



EmoticonEmoticon